Inspirasi Jenis Atap Rumah Berdasarkan Materialnya

Daftar Isi

Inspirasi Jenis Atap Rumah Berdasarkan Materialnya - Dalam proses membangun rumah, atap merupakan salah satu bagian yang penting untuk Anda perhatikan. Memilih atap yang tepat akan berpengaruh pada keseluruhan rumah Anda. Baik dari segi fungsinya melindungi bagian atas rumah, maupun gaya dan desain atap tersebut.

Dari material pembuatannya sendiri, terdapat berbagai jenis atap yang bisa Anda pilih. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Anda dapat menyesuaikan atap dari material mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Pelapisan atap adalah salah satu tahapan terpenting dalam konstruksi rumah, melindungi bangunan dari faktor cuaca yang keras seperti hujan, angin, salju, dan sinar matahari. Ada beberapa jenis atap, dan dalam laporan ini kita akan berbicara tentang beberapa jenis umum, fitur dan kekurangannya.

Lembar Atap Logam:

Panel ini tahan lama, kuat dan mampu menahan faktor cuaca yang keras, mudah dirawat dan tersedia dalam berbagai bentuk dan warna yang sesuai dengan kebutuhan desain. Salah satu kelemahannya adalah menimbulkan kebisingan saat hujan, dan dipengaruhi oleh karat dan korosi seiring waktu.

Genteng Tanah Liat:

Atap ini memiliki tampilan estetika yang elegan dan mampu menahan faktor cuaca yang keras, tahan api, dan memberikan insulasi termal dan suara. Salah satu kelemahannya adalah membutuhkan biaya yang tinggi dan bobot yang lebih berat daripada panel logam, sehingga pemasangannya menjadi lebih sulit.

Genteng Aspal:

Panel ini tahan lama, kuat dan fleksibel, dan tersedia dalam berbagai formasi dan warna yang sesuai dengan persyaratan desain, dan mudah dipasang. Kerugiannya adalah mudah panas dan membutuhkan perawatan berkala.

Atap Batu Tulis:

Atap ini tahan lama, kuat dan tahan api, juga tersedia dalam berbagai bentuk dan warna, serta tahan korosi. Salah satu kelemahannya adalah membutuhkan biaya yang tinggi dan bobot yang lebih berat daripada panel logam, sehingga pemasangannya menjadi lebih sulit.

Atap Genteng Beton:

Atap ini tahan lama, kuat dan tahan api, dan tersedia dalam berbagai bentuk dan warna yang sesuai dengan persyaratan desain, dan mudah dipasang. Salah satu kelemahannya adalah membutuhkan biaya yang tinggi dan bobot yang lebih berat daripada panel logam, sehingga pemasangannya menjadi lebih sulit.

Lembar Atap Asbes:

Spesies ini telah banyak digunakan di masa lalu, tetapi sekarang dianggap tidak aman karena mengandung asbes yang berisiko bagi kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari penggunaan atap jenis ini.

Lembar Atap Polikarbonat:

Panel ini ringan, mudah dipasang dan dirawat, juga tersedia dalam berbagai warna dan bentuk, dan tahan terhadap faktor udara dengan baik. Salah satu kekurangannya adalah sangat dipengaruhi oleh panas, yang membutuhkan penggunaan bahan penyangga panas.